--> Skip to main content

Cetakan Martabak Mini yang Bagus

loyang martabak mini

LOYANG.MEDIAKOMPILASI.COM - Cetakan Martabak Mini yang Bagus – Pertanyaan yang seringkali diajukan oleh mereka yang akan membeli cetakan martabak mini adalah cetakan martabak min yang bagus merek apa sih? Wajar saja pertanyaan ini diajukan karena memang kualitas cetakan martabak mini cukup penting untuk menghasilkan martabak mini yang bagus apalagi jika nantinya cetakan tersebut dipakai untuk jualan.

Faktanya dipasaran sendiri memang terdapat banyak pilihan sehingga terkadang cukup membingungkan bagi yang belum pernah beli. Dari bahannya saja sudah bermacam-macam ada yang dari besi cor-coran ada yang dari alumunium cor-coran ada pula alumunium berlapis teflon. Itu baru dari bahannya belum lagi ukuran diameter lubangnya serta jumlah lubangnya.

Terkadang karena kurangnya pengetahuan seputar cetakan martabak sebelum membeli membuat salah beli misalnya saja ternyata diameter lubangnya kekecilan atau saat dipakai ternyata agak lengket. Tak jarang akhirnya harus membeli yang baru.

Nah...agar Anda tidak salah beli cetakan martabak mini yang bagus, pada artikel kali ini saya ingin berbagi tips seputar hal tersebut  dengan harapan sekali beli sudah bisa langsung digunakan dan tidak beli-beli lagi sehingga yang mau usaha martabak mini bisa fokus untuk jualan.

1.Pilih cetakan Martabak yang Tebal

Hasil cetakan martabak baik yang mini maupun yang besar sangat tergantung dari panas cetakan, jika panasanya merata dan tidak cepat panas atau menyimpan panas maka hasilnya akan semakin bagus. Merata atau tidaknya panas tergantung tebal atau tidaknya cetakan, semakin tebal maka panasnya akan merata dan mudah diatur dibandingkan dengan cetakan yang tipis.

Jika Anda memilih ukuran cetakan martabak mini diameter 12 cm maka cetakan martabak mini yang bagus adalah yang berbahan cor-coran. Untuk kualitas bisa saja bobotnya mencapai 2 Kg apalagi yang premium. Harga cetakan besi cor-coran dengan ukuran 10-12 sekitar Rp.75.000.

Hanya saja jika Anda beniat menggunakan cetakan martabak mini ini untuk jualan tidak cukup membeli 1 biji tapi setidaknya 4 biji agar sekali cetak bisa banyak dan menyesuaikan dengan kompor khusus yang berisi 4 cetakan.

Jika Anda berencana menjual martabak mini dengan harga jual mulai Rp.1000, Rp.2000 atau Rp.3000 bisa menggunakan cetakan martabak mini dengan diameter 7 hingga 8 cm. Hanya saja berdasarkan penelusuran saya dibeberapa situs marketplace cukup sulit untuk menemukan cetakan martabak yang tebal, rata rata standar atau cenderung tipis.

Peluang mendapatkan cetakan martabak mini dengan diameter 7-8 cm yang tebal sebenarnya ada jika ditempat Anda tedapat pengrajin logam seperti di Tegal jadi bisa memesan sesuai keinginan namun tentu harganya jadi mahal bisa mencapai Rp.450.000 berbahan besi cor-coran.

Karena tidak ada pilhan lain saya menyarankan untuk memilih cetakan martabak mini berlapis teflon seperti Happy call baik yang 7 lubang atau yang 8 lubang. Jika kompornya pas tidak perlu diberi tatakan atau lempengan logam agar panasnya merata namun jika memang susah mengatur api silahkan gunakan tatakan.

Kelebihan cetakan martabak mini Happy Call harganya cukup terjangkau mulai Rp.100.000 tapi hasil cetakannya lumayan bagus dengan catatan pengaturan apinya pas.

Bagaimana dengan cetakan martabak mini berbahan alumunium cor-coran? Lumayan bagus juga dan beberapa merek ada yang agak tebal. Hanya saja karena tidak berlapis teflon kadang lengket meskipun jika sudah tahu celahnya tidak akan lengket namun tentu buat pemula agak susah.

Baca Juga : Tips Membuka Usaha Martabak Mini dari Penjualnya 

2.Sesuaikan dengan Kompor

Beberapa jenis cetakan martabak mini akan lebih maksimal jika menggunakan kompor khusus untuk itu jika Anda beniat menggunakan kompor gas biasa perlu memilih cetakan martabak mini yang tepat. Cetakan yang cocok untuk kompor gas biasa adalah yang cetakan dengan diameter total 28 cm seperti cetakan Happy Call 7 lubang atau 8 lubang. Bisa juga menggunakan cetakan alumunium cor-coran.

Untuk cetakan berbahan besi Cor-coran ukuran 10-12 cm jika menggunkan kompor gas biasa perlu sedikit modifikasi agar bisa kokoh ditungku kompor.

3.Mudah dibersihkan

Tentunya Anda menginginkan cetakan martabak mini yang Anda gunakan awet atau tidak mudah rusak. Seringkali ceceran gula atau kerak membuat cetakan martabaknya menjadi jelek jika tidak segera dibersihkan.

Pilih cetakan martabak mini yang mudah dibersihkan misalnya cukup dilap saja atau disiram air saja. Cetakan martabak besi cor-coran biasanya cukup dilap pakai kain setelah pemakaian sedangkan cetakan martabak berlapis teflon bisa menggunakan air.

Demikianlah Informasi seputar Catakan Martabak Mini yang Bagus semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar