--> Skip to main content

Usaha Martabak Mini Rumahan Cocok Buat Ibu Rumah Tangga

Usaha martabak mini rumahan

LOYANG.MEDIAKOMPILASI.COM - Usaha Martabak Mini Rumahan Cocok Buat Ibu Rumah Tangga, Jadi Ibu Rumah tangga tetap produktif? Memang bisa? Pertanyaan semacam ini seringkali dikemukakan ibu-ibu rumah tangga. Maklumlah Ibu rumah tangga itu identik dengan kesibukan mengurus rumah tangga mulai dari mengurus nak, memasak, mengurus rumah dan lain-lain.

Zaman mulai berubah, dengan kemajuan teknologi memungkinkan ibu rumah tangga lebih produktif sehingga bisa membantu perekonomian keluarga. Tengok saja digrup-grup jual beli Facebook atau grup WhatsApp kebanyakan ibu-ibu bahkan saya melihat sendiri ibu-ibu yang mengantar pesanan kepelanggannya. Jadi kalau mereka bisa saya yakin Anda juga bisa tinggal ada kemauan atau tidak.

Alasan yang sering dikemukakan Ibu rumah tangga saat diajak untuk berbisnis adalah tidak bisa meninggalkan rumah atau ingin usahanya dilakukan dari rumah jadi bisa sambil momong anak atau kegiatan lainnya.

Kabar baiknya sebenarnya banyak loh usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga salah satunya adalah Usaha Martabak mini rumahan. Kenapa memilih usaha martabak mini bukan lainnya? Ini alasannya :


  1. Martabak merupakan Camilan yang populer dan banyak penggemarnya.
  2. Rasanya manis banyak disukai dari kalangan anak-anak hingga dewasa
  3. Harganya terjangkau mulai Rp.1000 sehingga siapa saja bisa beli
  4. Ukurannya mini cocok untuk camilan keluarga
  5. Modalnya kecil


Berapa Modal Usaha Martabak Mini Rumahan?

Anda hanya butuh modal kurang dari Rp.500.000. Masa sih?
Ini benar adanya, karena usahanya dilakukan dari rumah maka modal bisa dipangkas serendah mungkin terutama biaya untuk sewa tempat atau pembelian gerobak yang paling banyak memakan modal.

Anda hanya perlu membeli Cetakan Martabak mini seharga Rp.155.000 dan beberapa peralatan pendukung seperti  Baskom, Capit udang, kuas mentega, staples. Alat lainnya seperti Kompor gas saya yakin saya sudah memilikinya.

Baca juga : Jual Cetakan Martabak Manis Mini 7 Lubang

Bahan bakunya juga terjangkau dengan modal Rp.73.000 Anda bisa membeli bahan baku untuk 120-an  martabak mini. Cukup terjangkau bukan?

Cara Pemasaran Usaha Martabak mini Rumahan

Karena usaha ini dilakukan dari rumah tentunya cara pemasarannya juga menyesuaikan, ada beberapa cara pemasaran yang cocok diantaranya :

1.Dititipkan ke warung-warung

Cara ini paling mudah karena Anda tinggal mencetak martabak mini lalu dikemas menggunakan mika per biji lalu dititipkan kewarung-warung. Tempat yang paling potensial adalah kepenjual camilan atau jajanan pasar. Jika Anda beruntung bisa menemukan penjual kue yang ramai .

Sistem transaksinya jual titip artinya penjual bayar sesuai dengan martabak mini yang terjual jadi kalau tidak habis Anda yang menanggung resikonya. Harga dari Anda biasanya dipotong 20% dari harga jual misalnya harga jualnya Rp.1000 harga dari Anda Rp.800.

Semakin banyak warung yang Anda titipkan potensi keuntungannya juga semakin besar namun untuk meminimalisir kerugian sebaiknya menitipkan mulai dari partai kecil dulu kalau habis terus baru ditambah.

2.Berjualan Martabak mini secara online

Cara ini juga patut Anda coba karena sarananya sudah tersedia misalnya HP. Anda bisa menawarkan martabak mininya keFacebook, grup facebook, Instagram atau Grup WhatsApp.

Dengan cara ini kerugian bisa diminimalisir karena Anda cukup mencetak sesuai dengan pesanan dan misalnya adonan tidak habis bisa disimpan kedalam kulkas dengan catatan adoanannya masih bagus.

Kekurangannya Anda harus mengantar pesanan kepembeli dan tentu butuh kendaraan minimal motor. Jika area pemasarannya sudah luas misalkan 1 kelurahan, Anda harus jeli saat mencari alamat.

Kekurangan lainnya adalah terkadang ada orderan fiktif sehinga Anda harus bisa memilah mana orderan yang serius atau yang Cuma iseng.

Ada satu cara lain tanpa perlu mengantar sendiri kepembeli yaitu dengan bergabung dengan Go Food atau Grab food namun Anda harus mendaftar terlebih dahulu dan pastikan HP Anda mendukung untuk aplikasi Go jek atau Grab.

3.Menerima Pesanan

Martabak mini cocok sekali dihidangkan untuk acara-acara kumpulan ibu-ibu seperti Arisan, pengajian atau acara lain seperti ulang tahun. Promosikan jasa Anda kepada tetangga atau relasi. Jika Ada pesanan cukup menguntungkan karena biasanya jumlahnya banyak.

Berdasarkan pengalaman saya menerima pesanan, pembayaran dilakukan dimuka jadi akan lebih tenang karena menunjukkan pemesan serius. Kalau pembayaran dilakakan setelah selesai terkadang ada yang membatalkan secara sepihak sehingga akan menimbulkan kerugian.

Demikianlah informasi seputar Usaha Martabak Mini Rumahan Cocok Buat Ibu Rumah tangga Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar