--> Skip to main content

Tips Membuka Usaha Martabak Mini dari Penjualnya


USAHAMARTABAKMINI - Tips Membuka Usaha Martabak Mini dari Penjualnya, Saat Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini banyak karyawan perusahaan yang dirumahkan bahkan PHK. Bukan hal yang mudah bagi masyarakat untuk mengatasi hal ini. Kalau mau cari kerja lagi juga susah. Mau tak mau agar perekonomian keluarga tetap berjalan harus mencari cara agak bisa mendapatkan uang.

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan usaha sendiri entah itu jualan makanan, sembako, Ojek dan lain-lain. Faktor modal terkadang menjadi kendala untuk memulai usaha sendiri. Namun sebenarnya ini bisa disiasati dengan mencari usaha yang modalnya kecil.

"Apa contohnya?"

Usaha Martabak Mini bisa menjadi salah satu pilihan karena memang modalnya tidak terlalu besar. Ini bukan omongan belaka tapi saya sudah membuktikannya. Kebetulan saya sudah menekuni usaha martabak mini selama lebih dari 3 tahun jadi sudah pahan seluk beluk usaha ini.

"Bagaimana Anda Tertarik?"

Oke.. Pas Banget karena pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar Tips Membuka Usaha Martabak Mini. Karena sumbernya dari penjualnya langsung (Kebetulan saya sendiri) jadi informasinya aktual dan bisa dipercaya.

Untuk memulai usaha martabak mini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, Berikut informasi selengkapnya:

1.Tentukan Cara Pemasarannya

Hal ini perlu ditentukan terlebih dahulu karena nantinya berpengaruh pada modalnya. Ada 4 jenis pemasaran usaha martabak mini yaitu:


  • A.Jualan Mangkal contohnya didepan Minimarket, sewa ruko, dipasar tradisional dan lain-lain
  • B.Jualan Keliling menggunakan motor atau gerobak dorong
  • C.Dititipkan kewarung-warung
  • D.Jualan secara Online


Jika modal Anda memadai silahkan jualan mangkal, modal yang dibutuhkan sekitar 5 jutaan belum termasuk tempatnya. Kalau modalnya pas-pasan bisa melakukan pemasaran dengan cara dititipkan kewarung-warung sedangkan untuk pemasaran cara B dan D setidaknya harus punya motor.

Modal yang dibutuhkan jika martabaknya dititipkan kewarung-warung sekitar 300 ribuan dengan catatan sudah memiliki kompor gas dan tabung gasnya.

2.Beli Catakan Martabak Mini yang Tepat

Cetakan martabak cukup berpengaruh terhadap kelancaran usaha martabak mini Anda nantinya. Pilih cetakan yang mudah untuk mencetak martabak dan harganya terjangkau. Berdasarkan pengalaman saya jenis cetakan martabak mini yang paling cocok untuk pemula adalah cetakan martabak mini berbahan alumunium berlapis teflon contohnya merk Happy Call.

Dengan cetakan ini Anda tidak akan kerepotan saat mencetak karena tidak lengket, hanya saja karena bahannya alumunium sehingga cepat panas, Anda harus bisa mengatur pengapiannya sehingga martabak mininya tidak gosong atau kurang mengembang.

Mungkin pada awal-awal menggunakan cetakan ini menemui kendala terutama dalam pengapian tapi lama-lama akan tahu celahnya.

3.Kuasai Cara Pengolahnnya

Membuat martabak mini kelihatannya mudah tapi sebenarnya tidak semudah yang Anda lihat butuh tehnik memasak khusus terutama dalam masalah pengapiannya. Resep martabak mini bisa Anda dapatkan secara gratis di YouTube ( Silahkan mampir ke channel saya DWISUWEBID) atau bisa cari kewebsite bertema masakan seperti Cookpad atau bisa juga keweb ini. Tidak perlu membeli resep atau kursus, tapi kalau memang dananya ada sih terserah.

Mengolah martabak tidak bisa dikuasai dalam 1 hari tapi butuh latihan terus menerus. Kalau misalnya masih gagal jangan putus asa terus berusaha sampai hasilnya bagus.

Permasalahan yang paling sering ditemui bagi pemula adalah martabak mininya Bantat meski resepnya sudah benar. Penyebabnya macam-macam namun penyebab utamanya karena pengapiannya kurang pas atau kurang panas.

Demikianlah Informasi seputar Tips Membuka Usaha Martabak Mini dari Penjualnya Semoga Bermanfaat. Jika Anda butuh informasi yang lebih lengkap silahkan kunjungi situs Media Kompilasi  dalam Kategori Kursus Martabak. Gratis ya!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar