--> Skip to main content

3 Adonan Martabak Mini Manis Dasar

Adonan Martabak Mini

LOYANG.MEDIAKOMPILASI.COM - Adonan sangat berpengaruh terhadap hasil martabak mini manis, jika adonannya bagus hasilnya juga akan bagus. Hal-hal yang berpengaruh pada adonan adalah bahan bakunya serta cara mengadonnya. Jangan heran jika bahannya sudah sama tapi hasilnya bisa beda, jadi dua duanya cukup berpengaruh.


Jika Anda mencari resep martabak mini di internet atau di YouTube mungkin jadi bingung karena resep adonan martabak mini bermacam-macam. Tambah bingung lagi setelah mencoba tapi gagal sehingga menyalahkan resepnya.


Perlu Anda ketahui pada dasarnya bahan baku utama martabak manis itu sama yaitu Terigu, Gula pasir, air dan pengembang. Jika sudah mencoba tapi masih gagal padahal bahannya sudah benar berarti ada faktor lain yang membuat gagal misalnya cara mengadonnya atau cara mencetaknya.


Jika Anda baru belajar, sebaiknya mengetahui jenis-jenis adonan martabak mini dasar  yang akan saya bagikan artikel ini. Silahkan coba semua sampai berhasil dan bandingkan hasilnya. Mana yang cocok bisa dipakai baik untuk konsumsi sendiri atau untuk jualan.


3 Jenis Adonan Martabak Mini Dasar  

1.Adonan dengan Soda kue

Adonan martabak mini ini paling sederhana atau bisa dibilang inti dari adonan martabak manis baik yang mini atau pun yang besar. Jika Anda sudah menguasai adonan ini maka akan lebih mudah mengembangkan adonan martabak mini manis lain. Butuh kejelian untuk menguasai adonan ini karena menggunakan pengembang tunggal yaitu soda kue.


Bahan:

250 gram terigu

5 sdm gula pasir

¼ sdt garam

1 sachet vanili

300 ml air

¼ sdt soda kue


Baca Juga : Cara Membuat Martabak Manis Sederhana

 

2.Adonan dengan baking powder + ragi instan

Adonan martabak mini ini menggunakan 2 pengembang yaitu baking powder dan ragi instan (Fermipan). Karena menggunakan 2 pengembang adonan mudah mengembang saat dicetak jadi kemungkinan berhasilnya besar, cocok untuk pemula. Kelebihan lainnya tidak ada efek getir, martabaknya empuk tapi kelemahannya tidak tahan lama.


Bahan :

250 gram Terigu

3-5 sdm gula pasir

¼ sdt garam

1 sachet vanili

300 ml air

½ sdt ragi instan

½ sdt baking powder double acting



3.Adonan dengan soda kue + ragi instan

Adonan martabak mini yang satu ini menggunakan 2 pengembang, soda kue dan ragi instan. Fungsi ragi disini adalah agar martabaknya empuk meski sudah dingin. Jika Anda sudah mencoba adonan pertama dan berhasil tinggal menambahkan ragi instan.


Bahan :

250 gram Terigu

3-5 sdm gula pasir

¼ sdt ragi instan

¼ sdt soda kue

¼ sdt garam

1 sachet vanili

300 ml air



Mungkin Anda bertanya-tanya, Kok tidak pakai Telur? Tanpa telur sebenarnya martabak mini sudah layak jual tapi kalau memang mau pakai silahkan tapi adonan diatas sudah bisa dikuasai barulah pakai telur atau ditambah bahan lain seperti susu bubuk.


Jika ingin menambahkan telur, takaran airnya harus dikurangi sekitar 50 ml agar tidak keenceran. Pemberian telur sesuai kebutuhan untuk terigu 1 Kg minimal 1 telur maksimal 5 telur. 


Adonan diatas untuk takaran terigu 250 gram untuk takaran yang lebih besar bisa dikalikan misalnya untuk terigu 500 gram berarti bahan lain dikali 2 atau 1 Kg terigu dikali 4.


Demikianlah informasi seputar 3 Adonan martabak mini manis dasar Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar