--> Skip to main content

Resep Martabak Manis Teflon Anti Gagal Takaran Sendok

LOYANG.MEDIAKOMPILASI.COM - Resep Martabak Manis Teflon Anti  Gagal Takaran Sendok- Ingin membuat martabak manis tapi tapi tak punya cetakan martabak manis? Gampang... bisa kok diganti menggunakan teflon. Meskipun teflon sebenarnya bukan didesain untuk mencetak martabak namun dengan tehnik tertentu bisa juga digunakan untuk mencetak martabak manis.

Saran saya jika memang Anda suka martabak manis dan ingin membuat sendiri belilah cetakan martabak manis harganya terjangkau kok misalnya cetakan bahan besi cor-coran ukuran 11-12 cm harganya sekitar 75 ribuan atau kalau mau murah lagi cetakan martabak mini mulai Rp.50 ribuan.

Resep yang akan saya bagikan kali ini bahannya tidak banyak sehingga irit. Semua bahan cukup mudah ditemukan diwarung-warung kecuali pengembang soda kue, mungkin anda harus mencari ke toko bahan kue. Cukup beli sekali tapi bisa digunakan untuk membuat martabak manis berkali-kali. Takaran bahannya juga menggunakan sendok makan/teh jadi tak perlu menimbang. Untuk mempermudah belilah terigu kemasan 250 gr atau 1/4 Kg.


Bahan :

250 gram Terigu

3 Sendok makan gula pasir

1 butir telur

¼ sendok teh Vanili bubuk

½ sendok teh garam

¼ sendok teh Soda kue

250 air


Olesan:

Margarin


Cara Membuat :

1.Campur terigu, gula pasir, vanili, garam di baskom masukkan air.

2. Aduk adonan dengan spatula/Whisk atau bisa juga dengan mixer sampai adonan tercampur rata dan menjadi halus.

3.Masukkan telur aduk sebentar sampai rata

4.Diamkan selama 1 Jam.

5.Ambil soda kue, masukkan kedalam adonan lalu beri air sedikit diatasnya aduk lagi.

6. Adonan siap Cetak.


Baca juga : Resep Martabak Bangka Mini Cocok untuk Jualan 


Tips mencetak dengan teflon


1.Gunakan api yang kecil karena kebanyakan teflon bahannya tipis.

2.Tunggu teflon sampai benar-benar panas agar adoanan bisa mengembang. Ciri cetakan yang kepanasan keluar bunyi cess yang keras.

3.Ciri panas cetakan yang panasnya pas adalah jika adonan dituang beberap detik kemudian keluar gelembung udara atau sarang.

4.Jangan terlalu tebal martabaknya karena nantinya kulitnya sudah matang tapi adonannya belum matang semua.

Untuk pemberian toping bisa menambahkan meises coklat atau kalau mau lebih enak pakai parutan keju yang diberi susu kental manis. Jangan lupa olesi margarin biar rasanya gurih baik dikulitnya atau diatasnya.

youtube image

Selamat Mencoba !

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar